Monday, July 3, 2017

Psikologi Sekolah

Psikologi Sekolah adalah bidang yang menerapkan prinsip-prinsip psikologi klinis dan psikologi pendidikan dengan diagnosa dan pengobatan anak-anak dan 'remaja perilaku dan masalah belajar. Psikologi sekolah berusaha menciptakan situasi yang mendukung bagi anak didik dalam mengembangkan kemampuan akademik, sosialisasi, dan emosi yang bertujuan untuk membentuk mindset anak.

Psikologi sekolah dapat melakukan penilaian psikologis dan memberikan bimbingan dan konseling baik untuk anak dan keluarga anak. psikolog sekolah yang di didik di psikologi, dan perkembangan anak remaja, anak dan psikopatologi remaja, pendidikan, keluarga dan pengasuhan praktek, belajar teori, dan teori kepribadian. Mereka memiliki pengetahuan tentang instruksi yang efektif dan sekolah yang efektif.

Peran Psikolog Sekolah :

1. Mengkomunikasikan hasil evaluasi psikologis untuk orang tua, guru, dan lain-lain sehingga mereka dapat memahami sifat kesulitan siswa dan bagaimana untuk melayani kebutuhan siswa.

2. Melakukan penelitian tentang instruksi yang efektif, manajemen perilaku, program-program sekolah alternatif, dan intervensi kesehatan mental.

3. Menilai dan mengevaluasi berbagai masalah yang berkaitan sekolah dan aset anak dan remaja di sekolah yang ditugaskan. 

4. Intervensi langsung dengan siswa dan keluarga melalui konseling individu, kelompok pendukung, dan pelatihan keterampilan.Terlibat dalam pencegahan krisis dan layanan intervensi.

5. Dapat melayani satu atau beberapa sekolah di daerah sekolah atau bekerja untuk sebuah pusat kesehatan mental masyarakat dan / atau dalam lingkungan universitas.

Peran psikolog sekolah dengan siswa untuk:
  1.  Memberikan konseling, pengajaran, dan pendampingan bagi mereka berjuang dengan masalah sosial, emosi, dan perilaku
  2. Meningkatkan prestasi dengan menilai hambatan belajar dan menentukan strategi instruksional terbaik untuk meningkatkan pembelajaran
  3. Mempromosikan kesehatan dan ketahanan dengan memperkuat komunikasi dan keterampilan sosial, pemecahan masalah, manajemen kemarahan, self-regulasi, penentuan nasib sendiri, dan optimisme
  4. Meningkatkan pemahaman dan penerimaan beragam budaya dan latar belakang. 


Peran psikolog sekolah dengan siswa dan keluarganya untuk:

  • Konsultasi dengan orang tua untuk membantu dalam memahami pembelajaran dan                     penyesuaian proses anak-anak.
  • Mengajarkan keterampilan orangtua, strategi pemecahan masalah, penyalahgunaan zat,             dan topik lainnya yang berkaitan dengan sekolah sehat.
  • Mengidentifikasi dan alamat belajar dan masalah perilaku yang mengganggu dengan                 keberhasilan sekolah
  • Evaluasi kelayakan untuk layanan pendidikan khusus (dalam sebuah tim multidisiplin)
  • Dukungan siswa sosial, emosional, dan perilaku kesehatan
  • Mengasuh, Mengajar,dan meningkatkan kolaborasi rumah-sekolah
  • Membuat arahan dan membantu mengkoordinasikan dukungan layanan komunitas


Peran psikolog sekolah dengan guru untuk: 

  • Konsultasi dengan guru di pembangunan dan implementasi kelas metode dan prosedur               dirancang untuk memfasilitasi murid belajar dan untuk mengatasi belajar dan gangguan perilaku.
  • Membantu pendidik dalam melaksanakan suasana yang aman, kelas sehat dan lingkungan sekolah.
  • Mengidentifikasi dan menyelesaikan hambatan akademis untuk belajar
  • Merancang dan mengimplementasikan sistem monitoring kemajuan siswa
  • Desain dan intervensi akademis dan perilaku melaksanakan
  • Mendukung instruksi individual efektif
  • Memotivasi semua siswa untuk terlibat dalam pembelajaran


Peran psikolog sekolah dengan administrators untuk :
  1. Konsultasi dengan sekolah administrator tentang sesuai tujuan belajar untuk anak-anak, perencanaan pembangunan dan perbaikan program untuk murid di reguler dan program-program sekolah khusus, dan pengembangan pendidikan eksperimentasi dan evaluasi.
  2. Mengumpulkan dan menganalisa data yang berhubungan dengan perbaikan sekolah, hasil siswa, dan persyaratan akuntabilitas
  3. Melaksanakan program-program pencegahan sekolah-lebar yang membantu mempertahankan sekolah positif iklim kondusif untuk belajar
  4. Mempromosikan sekolah kebijakan dan praktek yang menjamin keselamatan semua siswa dengan mengurangi kekerasan di sekolah, bullying, dan pelecehan
  5. Menanggapi krisis dengan menyediakan kepemimpinan, pelayanan langsung, dan koordinasi dengan pelayanan masyarakat yang dibutuhkan
  6. Merancang, melaksanakan, dan mengumpulkan dukungan untuk program sekolah kesehatan jiwa yang menyeluruh


Peran psikolog sekolah dengan masyarakat untuk: 
  • Konsultasi dengan masyarakat lembaga, seperti masa percobaan departemen, kesehatan mental klinik, dan departemen kesejahteraan, tentang murid yang sedang dilayani oleh masyarakat seperti lembaga.
  • Membantu siswa transisi ke dan dari lingkungan sekolah dan komunitas pembelajaran, seperti perawatan perumahan atau program peradilan anak.


0 comments:

Post a Comment